Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Sedulurnews.id – Balikpapan sebagai beranda Ibu Kota Nusantara yang mana Balikpapan sudah harus menjadi kota yang lebih siap menyambut adanya IKN, harapan masyarakat Kaltim dengan adanya IKN dapat menghadirkan terkonfirmasinya kebijakan terhadap IKN jangan sampai IKN menjadikan keterasingan bagi masyarakat Kaltim. Tutur Bapak Salman Farizi Diketur Perumda, Balikpapan (15 Maret 2024).

Harapan tokoh masyarakat Kaltim dengan adanya IKN dapat memberikan ruang dengan rasa keadilan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Kaltim untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Pejabat Otorita harus memberikan ruang secara reguler untuk beberapa sektor dalam pembangunan IKN kepada masyarakat Kaltim, tidak hanya secara seremonial tapi harus ada tataan kebijaksanaan, konsep dan implementasi operasional secara teknis bagi masyarakat Kaltim.

Ada 3 (tiga) sektor yang harus diperhatikan yaitu peningkatan kompetensi SDM sekitar IKN, memberikan ruang bagi pengusaha lokal agar dapat berpartner dengan pengusaha nasional maupun internasional setara UMKM menengah kebawah dan yang terakhir dengan adanya IKN jangan sampai melupakan kearifan lokal sosial dan budaya.

Tiga aspek tersebut akan menjadi ruang bagi masyarakat Kaltim untuk berpartisipasi dalam rangka pembangunan IKN kedepan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *